Friday 4 April 2014

KBP pert 1



                Komputasi Modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Von Neumann meningkatkan karya-karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer.

Sejarah Perkembangan Komputasi Modern
       Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”. Z3 (1941) adalah sebuah mesin pertama yang menampilkan biner aritmatika
       Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.
       Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program
       The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.

Bottleneck hardware
                Bottleneck pada hardware atau penyempitan jalur adalah kondisi dimana bagian tertentu pada komputer yang bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Atau peripheral yang satu tidak sebanding dengan peripheral yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang 'lambat', karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' selesai.  Yang akan berimbas pada kinerja sistem.

Error Pada komputer
1.       Deadlock
Deadlock adalah keadaan dimana dua program memegang kontrol terhadap sumber daya yang dibutuhkan oleh program yang lain. Tidak ada yang dapat melanjutkan proses masing-masing sampai program yang lain memberikan sumber dayanya, tetapi tidak ada yang mengalah.

2.       Livelock
Livelock sedikit mirip dengan deadlock, namun dampak yang dihasilkan tidak sebesar deadlock. Livelock adalah keadaan dimana dua proses atau lebih saling mengubah status sebagai respon terhadap perubahan status proses yang lain tanpa mengerjakan pekerjaan yang berarti.

Tingkat bahasa pemrograman
1.       Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Merupakan bahasa pemrograman yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari–hari. Contohnya Java dan C++

2.       Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Bahasa ini disebut juga dengan bahasa assembly

3.       Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah

Dimana penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari–hari, walaupun masih cukup sulit untuk dimengerti karena menggunakan singkatan–singkatan. Contohnya adalah Fortran.

Beberapa Bahasa pemrograman yang popular

·         FORTRAN
Fortran merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) yang berorientasi kepada suatu masalah tertentu
·         C
Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967.
·         C++
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup tahun 1983 di Lab Bell. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek menggunakan kaidah bahasa C

·         JAVA
Java mulai dirilis pada tahun 1990 sebagai bahasa program yang disebut Oak, kemudian Sun MycroSystem mendirikan kelompok kerja yang terdiri atas para programmer handal untuk membuat produk dan memperluas pasar Sun.

No comments:

Post a Comment